Siapakah Barry Allen : The Flash Versi Dc Comics

Kalian pasti banyak yang tahu The Flash, kan? Si superhero dari DC Comics rekan satu tim bersama Superman, Batman, Wonder Woman, Aqua Man, dan Cyborg?

Artikel ini akan menjelaskan Sejarah The Flash Versi komik. Bagi yang mau tahu gimana sih cerita The Flash dari komik originalnya, atau bagi yang mengikuti film serinya sampai sekarang dan penasaran, ada ga sih perbedaan The Flash versi komik dan film serinya?

Mari kita simak pembahasan berikut dibawah ini.

Kita akan memulai dari latar belakang pembuatan komik the flash :

the flash komik pertama

komik the flash terbitan pertama

Komik The Flash terbitan pertama terbit pada Oktober 1956

Dikisahkan The Flash yang bernama Barry Allen adalah seorang superhero fiksi yang muncul di buku komik buatan Amerika yang diterbitkan oleh DC Comics. Barry Allen adalah karakter kedua yang dikenal dengan nama The Flash. Karakter Barry Allen pertama kali muncul dalam komik pada bulan Oktober tahun 1956, karakter the flash dibuat oleh penulis Robert Kanigher dan ilustrator oleh Carmine Infantino. Tahukah anda nama Barry Allen terinspirasi dari dua nama host talk show yang bernama Barry Gray dan Steve Allen. Barry Allen adalah pembaharuan karakter sebelumnya yang juga disebut The Flash yang sempat muncul di buku komik tahun 1940-an dengan karakter bernama Jay Garrick.

Tahukah anda Jay Garrick Superhero superhero the flash pertama.

KEKUATAN THE FLASH

Kekuatan utamanya adalah superhuman speed ( kecepatan manusia super). Dengan menggunakan kecepatan supernya, dia dapat membuka portal yang disebut Speed Force dan menjadi pembela kebenaran. saking cepatnya kekuatan dari speed force the flash dia bisa menembus ruang dan waktu, dan malah bisa menembus antar dimensi. The Flash  juga bisa berimprovisasi kekuatannya, salah satunya yaitu kemampuannya mengatur kecepatan untuk menggetarkan molekul-molekuk udara, sehingga dia bisa mengatur kadar oksigen dalam suatu ruangan, bahkan bisa menghilangkan oksigen tersebut. The Flash memakai kostum khusus berwarna merah dan emas yang dirancang khusus untuk menahan resistansi gesekan dan angin sehingga kulitnya tidak terbakar, biasanya kostum disimpan di dalam cincin khusus. Perannya sangat penting dalam Keluarga Flash, penerus Jay Garrick (The Flash pertama) dan pendahulu dari Wally West (The Flash setelah Barry Allen). Dia juga anggota pendiri Justice League of America.

 

Cerita klasik Barry memperkenalkan konsep Multiverse DC Comics, dan konsep ini memainkan peran besar dalam berbagai pembaruan kontinuitas DC selama bertahun-tahun. The Flash selalu memiliki peran penting dalam cerita pembaruan utama perusahaan DC dan pada tahun 1985 pada komik crossover Crisis on Infinite Earths, Barry meninggal karena menyelamatkan Multiverse dan terhapus dari barisan karakter utama DC selama 23 tahun. Pada tahun 2008, Barry kembali hidup di dalam komik Final Crisis yang dibuat oleh Grant Morrison dan disertai The Flash: Rebirth limited series yang dibuat oleh Geoff Johns. Sejak itu dia memainkan peran penting dalam cerita crossover Blackest Night (2009), Flashpoint (2011), Convergence (2015), dan DC Rebirth (2016).

Grant Gustin membintangi The Flash (Barry Allen)

 

Karakter The Flash (Barry Allen) telah tampil dalam berbagai adaptasi di media lain. John Wesley Shipp memainkan karakter Barry Allen dalam serial The Flash tahun 1990 dan Grant Gustin dalam serial The Flash yang dimulai tahun 2014.

Ezra Miller juga berperan sebagai Barry Allen dalam DC Extended Universe, dimulai dengan Film Batman v Superman: Dawn of Justice dan Suicide Squad pada tahun 2016, diikuti oleh Justice League pada tahun 2017, dan film solo The Flash yang akan datang.

film the flash serial

The Flash versi Film, Grant Gustin memerankan Barry Allen (The Flash)

• Riwayat Hidup dari Barry Allen Berdasarkan Komik

dc comics the flash

the flash versi dc comics

Barry Allen dan saudara kembarnya mengalami keterlambatan kelahiran selama dua minggu. Mereka adalah anak dari Henry dan Nora Allen di sebuah kota kecil Fallville, Iowa. Saudara kembarnya dinyatakan meninggal oleh Dr. Gilmore. Namun, kenyataannya, ia lahir sehat dan diberikan pada keluarga lain yaitu keluarga Thawne yang anaknya telah meninggal saat lahir. Sama seperti keterlambatan kelahirannya, Barry memiliki kebiasaan buruk yang selalu terlambat.

Sewaktu kecil, Barry kecil sangat suka membaca petualangan superhero favoritnya, Jay Garrick (The Flash pertama), dan bermain bersama temannya yang menjadi aktris nantinya, Daphne Dean. Semasa kecil juga, ibunya terbunuh dan ayahnya dituduh sebagai pelaku tindak kejahatan tersebut. Dorongan untuk membuktikan bahwa ayahnya tidak bersalah memberi Barry keyakinan yang kuat terhadap keadilan.

Barry menyukai pelajaran kimia sejak usia dini, dan itu membantu pekerjaannya sebagai petani. Dia memenangkan Kompetisi Pertanian Fair Fall County, sebuah hadiah yang mencakup beasiswa di Sun City University. Dia lulus dalam waktu tiga tahun di jurusan kimia organik dan mata kuliah tambahan tentang kriminologi. Sebagai ahli sains, Barry  seringkali membantu pihak berwenang menangkap perampok bank dan lantas dia ditawari pekerjaan sebagai ahli forensik untuk Biro Pendeteksi Ilmiah Departemen Kepolisian Central City. Keinginan berada di saudara kota dari rumah pahlawan masa kecilnya, Keystone City, lalu dia menerima tawaran itu.

Setelah pindah ke Central City dan mendapatkan sebuah apartemen dengan sebuah laboratorium di belakang, Barry mulai berkencan dengan Reporter Berita, Iris West, yang ia temui  saat menyelidiki sebuah pembunuhan. Dia tertarik karena kejujuran dan stabilitasnya. Barry Allen adalah seorang ahli forensik dengan reputasi sangat rendah dan sering terlambat, yang mana itu membuat tunangannya (Iris West ) frustasi karena kegemarannya pada pemecahan kasus kejahatan.

Suatu malam, saat dia bekerja lembur, petir menyambar sebuah kotak yang penuh dengan bahan kimia dan tumpah mengenai Barry. Dengan bingung, dia memutuskan untuk kembali ke rumah dengan taksi. Namun, taksi itu tidak melihat dan melewatinya begitu saja. Barry berlari mengejarnya, dia berlari lurus melewatinya seolah-olah taksi itu tidak bergerak. Dia memutuskan untuk duduk dan mengingat kembali kejadiannya di restoran. Pelayan yang lewat tiba-tiba menumpahkan barang-barang yang ada di atas nampannya kearah Barry, namun secara luar biasa dia menangkap semuanya layaknya semua berjalan dalam mode lambat dan barry mengembalikannya ke nampan.

Besok harinya, Barry lalu menyelamatkan Iris dari sebuah peluru nyasar. Tidak perlu di pertanyakan lagi: kecelakaan aneh itu telah memberi Barry kecepatan super yang luar biasa! seorang pahlawan super telah lahir!

Barry bisa berlari sangat cepat dan memiliki refleks dan indra yang lebih baik. Dia mengenakan kostum berwarna merah dengan logo petir dan menamai dirinya The Flash (sama dengan pahlawan di komik masa kecilnya, Jay Garrick), dan lalu menjadi pemberantas kejahatan di Central City.

Profesor Universitas Central City Ira West (Ayah angkat Iris) yang merancang kostum dan cincin penyimpan kostum untuk Barry saat dalam identitas sipilnya. Cincin itu dibuat dengan bantuan gas khusus yang dapat mengecilkan kostumnya dan juga sebaliknya. Selain itu, Barry menciptakan treadmill kosmik, alat ini mampu membuat flash melakukan perjalanan waktu dan digunakannya dalam banyak cerita. Barry Allen adalah pribadi yang sangat disukai. Batman pernah berkata bahwa Barry adalah sosok yang kuharapkan jika orang tuaku tidak dibunuh.

BANYAK BANGET PERBEDAAN FILM FLASH DAN KOMIKNYA!

Kisah The Flash Bagian 2

Kisah ini akan kita mulai dari awal terbentuknya Justice League.

justice league pertama

Justice League Saat Pertama kali Terbentuk

 

Di dalam komik Justice League of America # 9, saat serangan prajurit Alien yang dikirim untuk menaklukkan planet Bumi, dan beberapa superhero terbesar di dunia bergabung, Barry merupakan salah satunya. Saat superhero mengalahkan sebagian besar prajurit Alien sendirian, mereka menjadi mangsa Alien dan hanya dengancara bekerja sama agar mereka mampu mengalahkan prajurit tersebut. Setelah itu, para superhero memutuskan untuk mendirikan Justice League.maka terbentuklah Justice League dengan Anggota pertama mereka yaitu : Superman, Batman, Wonder Woman, Cyborg, Aquaman, dan juga The Flash.

dikisahkan juga bahwa The Flash i=memiliki sedikit ketertarikan pada Zatanna dan  Black Canary, tapi ia tidak pernah mengejar dan mengusahakan hubungan itu karena ia merasa cinta sebenarnya adalah Iris West, yang pada nantinya dia menikahinya. Barry juga bmempunyai teman baik dengan Green Lantern (Hal Jordan), yang kemudian diterbitkannya The Limited Series Flash and Green Lantern: The Brave and the Bold. Pada nantinya, ia juga mengetahui bahwa Jay Garrick itu nyata, dan berteman dengannya.

the flash pertama

Barry Allen (The Flash -kiri) dan Jay Girrick (the flash pertama kali-kanan)

 

Dalam komik The Flash # 123- “Flash of Two Worlds” -Allen pergi menuju ke Earth-Two (Bumi-Dua) dimana ia bertemu dengan Jay Garrick, The Flash pertama dalam kontinuitas DC; Terungkap bahwa petualangan Jay Garrick lebih dikenal dalam bentuk komik di Earth-One (Bumi-satu). Alur cerita ini memulai adanya DC multiverse dan terus berlanjut dalam cerita The Flash dan dalam cerita kerja sama antara Justice League of America Earth-one dan Justice society of America Earth-two.

Dalam komik klasik dari The Flash # 179 – “Flash – Fact or Fiction?” – Barry terlontar ke alam semesta yang disebut Earth Prime (Bumi utama), yang berperan sebagai alam semesta “kita” dimana ia mencari bantuan editor buku komik The Flash bernama Julius Schwartz untuk menciptakan treadmill kosmik agar ia dapat kembali pulang. Dia juga mendapatkan rekan dan anak didiknya yaitu keponakan Iris, Wally West, yang mendapatkan kecepatan super dalam kecelakaan serupa dengan Barry dalam mendapatkan kekuatannya.

• Tragedi

Pada akhirnya, Barry melamar Iris di sebuah bianglala di pekan raya. Iris menerimanya, dan merekapun segera menikah, terlepas dari upaya Profesor Zoom, yang berusaha menggagalkan upacara pernikahan tersebut. Barry menyembunyikan identitasnya dari Iris selama setahun, meskipun Iris telah mengetahuinya sepanjang waktu karena Barry pernah mengucapkannya dalam tidur disaat bulan madu mereka. Dia khawatir kecelakaan yang membuatnya tidak seperti manusia biasa itu berdampak tidak bisa memiliki anak. Namun, setelah melakukan banyak tes pada tahun pertama, dia memutuskan bahwa mereka masih bisa, dan dia mengungkapkan rahasianya.

Namun, tidak lama kemudian Profesor Zoom (supervillain dari abad ke 25 yang telah lama mencintai Iris dan cemburu pada Allen) mengambil nyawa Iris di pesta masquerade (pesta mengenakan topeng). Barry mengejarnya ke dalam timestream (aliran waktu) dan meninggalkannya di sana.

kematian irish west dalam komik

kematian iris west versi komik

kemarian irish dalam film flash

kematian irish west dalam film

 

Barry kemudian bertemu dan mulai berkencan dengan wanita lain, Fiona Webb. Namun, pada hari mereka seharusnya menikah, Zoom muncul lagi, menyatakan bahwa sekali lagi akan membunuh istri The Flash. Barry mengejarnya ke penjuru dunia, dan melewatkan acara  pernikahannya sendiri.

Pada akhirnya, saat Zoom hendak membunuh Fiona, Barry tanpa sadar membunuhnya dengan mematahkan lehernya. Flash dituduh melakukan pembunuhan dan harus menghadapi persidangan yang panjang. Sayangnya, saat Barry tidak muncul di pesta pernikahannya sendiri, tunangannya akhirnya mengalami gangguan jiwa.

Sehubungan dengan kematian Zoom, Allen dinyatakan bersalah oleh dewan juri. Ketika dia diberi keputusan oleh seorang juri, yang pikirannya dikendalikan seseorang dari masa depan, bahwa Reverse Flash (yang diketahui Allen sudah mati) yang  membuat juri ke dalam putusan ini, Flash melarikan diri dari persidangannya. Flash kemudian diserang oleh Reverse Flash, dan menyadari bahwa jawaban atas misteri ini dan memulihkan nama baiknya terletak di masa depan, jadi juri menggunakan perangkat waktu untuk menuju masa depan. Mereka akhirnya mengetahui bahwa  Abra Kadabra menyamar sebagai Reverse Flash untuk merusak nama baik Flash.

Setelah mengalahkan Kadabra, dia menetap di masa depan abad ke 30 untuk bertemu  kembali dengan Iris, dimana Iris berasal dan dilahirkan. Edisi terakhir The Flash berakhir dengan The Flash dan Iris berciuman dengan judul halaman ” And they lived happily ever after… for a while (Dan mereka hidup bahagia selamanya … untuk sementara waktu)”. Mereka dikaruniai anak kembar bernama Don dan Dawn Allen. Ada beberapa referensi dalam edisi terakhir (Flash # 350) untuk kejadian dan kematian The Flash yang akan datang.

Sampai disini udah beda banget kan gimana Iris West meninggal, di komik oleh Zoom (reverse Flash), klo di film seri oleh Savitar.

 

• CRISIS ON INFINITE EARTHS

crisis-on-infinite-earth

Kisah pada komik Crisis on Infinite earths mengakhiri masa pensiun Barry. Pada abad ke 30 mulai berantakan: bencana alam terus terjadi meskipun teknologi telah diciptakan untuk menghentikannya, dan realitas dunia menjadi kacau balau. Flash pun kembali ke abad ke-20 untuk memperingatkan sesama Superhero. Saat dia mulai memperingatkan Batman, dia ditarik kedalam Anti-matter universe oleh Anti-Monitor, dimana dia disiksa secara mental oleh Psycho-Pirate. Menurut Anti-Monitor, Flash adalah satu-satunya yang mampu melakukan perjalanan ke alam semesta lain sesuka hati, sehingga Anti-Monitor tidak bisa melepaskannya.

Akhirnya, dia mempergunakan Psycho-Pirate untuk mengalahkan semua pengikut Anti-Monitor, The Thunderers, untuk melawannya. Ini memberinya cukup waktu untuk menghancurkan meriam anti-matter milik Anti-Monitor dengan berlari mengelilinginya dan menghancurkan bagian luarnya. Dia berlari sangat cepat sehingga tubuhnya tidak sanggup menahannya yang mengakibatkan kematian dan memasuki Speed Force selamanya.

Disebutkan bahwa Barry melakukan perjalanan waktu ke masa lalu dan menjadi petir yang memberikan kekuatannya, tapi kemudian juga sangat tersirat bahwa jiwa Barry berada di Speed Force, sumber mistis dan Valhalla terbuka untuk semua Speedsters yang mati dan mengambil kembali kekuatan menakjubkan mereka. Setelah kematian Barry, Kid Flash A.K.A Wally West, rekan setim dan juga keponakannya, menggantikan Barry Allen menjadi The Flash.

itulah kisah The Flash versi komik sampai dia hilang dari peredaran karakter utama superhero DC Comics dan telah digantikan oleh Wally West. Tapi sekarang, Barry Allen kembali jadi karakter utama  setelah 20 tahun, seperti yang kalian tonton pada film Justice League di Bioskop, cukup lama memang. namun layak sebagai the flash terbaik.