Pengen Belanja Tapi Ngga Kepengen Boros? Wajib Tips Yang Ini

Siapa sih yang tidak suka belanja di dunia ini? Nenek-nenek di Panti Jompo kalau masih kuat jalan muter-muter juga hayuk saja deh kalo diajak belanja. Tapi kenyataannya, tidak semua orang punya kartu kredit unlimited kaya artis-artis papan atas, dan ngga semua orang juga punya om-om yang siap membayarkan apa saja yang ingin kamu beli. Lho, kok sampai ke om-om? SKIP

Agar kamu tidak harus makan nasi pakai garam di akhir bulan, kamu harus bisa lebih pintar dalam mengatur keuangan kamu sendiri. karena setiap orang punya kemampuan dan kebutuhannya sendiri, maka kamu juga tidak bisa memaksakan cara belanja kamu dengan orang lain.

Memangnya ada ya cara atau tips berbelanja dan tidak akan membuat kamu tersiksa di akhir bulan? Tentu saja, dan itu sebabnya kamu sampai di tulisan ini saat ini. Biar tidak boros lagi seperti yang sudah-sudah, ini beberapa tips yang sebaiknya kamu perhatikan ketika ingin berbelanja.

  1. Kualitas atau Kuantitas? Mau Beli Sekali Awet Atau Beli Berkali-kali?

Ini nih kesalahan yang masih sering sekali dilakukan oleh kamu semuanya. Di saat ingin membeli sesuatu, past harga menjadi pertimbangan paling utama, yang pada akhirnya banyak orang yang memilih barang dengan harga yang lebih murah, padahal sudah sadar bahwa kualitasnya di bawah yang seharusnya, dengan iming-iming bisa beli lebih banyak.

Karena alasan ingin hemat dengan membeli barang yang lebih murah, kamu malah harus mengeluarkan uang lagi tidak lama kemudian karena barang tersebut sudah rusak. Malah tambah boros bukan?

Daripada harus membeliinya dalam jumlah banyak dan berkali-kali, akan lebih baik kalau kamu membeli satu barang saja, tapi dengan kualitas yang benar-benar bagus dan terbukti akan bertahan lama.

  1. Kamu benar-benar butuh barang itu atau hanya sekedar ingin saja?

Masalah yang juga selalu mendekatkan seseorang dengan keborosan adalah tidak bisa membedakan mana barang yang memang ia butuhkan, atau barang yang hanya sekedar ia inginkan, apalagi wanita. Mereka punya prinsip sendiri yang juga hanya dimengerti oleh mereka “beli aja, daripada ntar kepikiran”.

Kalau kamu terus bertahan dengan prinsip seperti itu, lama-lama kamar kamu akan penuh dengan barang-barang dengan  dalih “beli aja, ini lucu kok” padahal tidak tahu kapan akan kamu butuhkan dan gunakan.

Untuk bisa menghindari hal seperti itu, kamu sudah harus bisa membedakan sebelumnya, barang apa saja yang paling kamu butuhkan saat ini. Kalau kamu memang sedang butuh kemeja untuk kerja, beli saja kemeja. Tidak perlu membeli mobil untuk berangkat kerja. Lho.

  1. Nabung Dulu Baru Belanja, Jangan Sebaliknya

Berapa banyak orang yang sekarang ini mash punya celengan ayam atau kaleng di kamarnya? Walaupun terkesan oldies, padahal barang sederhana seperti ini berguna sekali untuk menghindarkan kamu dari keborosan.

Setelah kamu membayar semua tagihan bulanan, jangan langsung belanja ke mall, tapi tabung terlebih dahulu sebagian uang kamu. Akan lebih baik kalau kamu sudah punya jumlah khusus yang harus kamu tabung setiap harinya.

 

Kalau sudah menabung, kamu akan tahu berapa sisa uang yang kamu punya, dan berapa juga yang harus kamu siapkan untuk berjaga-jaga selama satu bulan ke depan. Jadi, kamu tidak akan kalap ketika berbelanja dan menjadi gelandangan di akhir bulan nanti.

  1. Jangan Malas Untuk Membuat Daftar Belanja, Ini akan Menyelamatkan Kamu Dari Godaan Shopping Berlebihan

Kamu pasti punya list belanjaan bulanan yang memang harus terpenuhi setiap bulannya, dari mulai persabunan, snack alias camilan, sampai kopi, gula, teh dan teman-temannya. Sebelum berangkat belanja, cek dulu semua stock kebutuhan tersebut, dan catat apa saja yang perlu kamu beli.

Ini akan sangat membantu kamu untuk tidak berlebihan dan membeli segala sesuatu yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Setelah itu, jangan langsung buang catatan tersebut, kamu bisa menggunakannya sebagai bahan perbandingan dengan bulan sebelumnya.

Sebaiknya, kamu juga membuat pembukuan sederhana untuk pengeluaran kamu setiap bulannya. Hitung-hitung belajar jadi bendahara keluarga ketika nikah nanti deh, biar kamu tidak merasa kaget nantinya.

  1. Jangan Terlalu Sering Ke Mall

Jalan-jalan cantik sambil nenteng plastik belanjaan di mall memang jadi kebahagiaan tersendiri, tapi kalau keseringan bisa dipastikan kamu dekat dengan kebangkrutan di akhir bulan. Tidak dipungkiri, mahalnya biaya sewa outlet di mall membuat semua yang dijual didalamnya juga ikutan mahal.

Banyak kok toko biasa atau toko online yang menjual barang yang sama, tapi harganya kayak pasangan LDR, jauh banget. Daripada kamu harus ngikutin gaya dan ujung-ujungnya tersiksa, mending pilih yang sederhana saja.

Lagipula kalau kamu pintar memilih dan menggunakan barang tersebut, tidak akan terlihat apakah kamu membelinya di mall atau bahkan di pasar sekalipun. Be smart guys.

Sekarang, kamu sudah tahu kan harus bagaimana agar tidak berlebihan dalam mengeluarkan uang? Jangan lupa sedekah juga yaaa.