Ngga Mau Bikin Orang Lain Ilfeel? Jangan Lakukan Hal Ini

Memiliki lingkungan yang nyaman memang akan terasa menyenangkan, apalagi jika orang-orang yang ada di lingkungan itu juga menyenangkan. Nah, untuk bisa mendapatkan lingkungan dan orang-orangnya yang menyenangkan, kamu juga harus bisa menjadi seseorang yang menyenangkan. Jangan sampai secara tidak sengaja kamu menunjukkan sikap atau sifat yang bisa buat orang lain menjadi ilfeel.

Setiap orang pasti memiliki sikap atau sifat yang paling tidak disukai dari orang lain. Dan sekali lagi, sifat tersebut bisa membuat seseorang menjadi sangat tidak disukai dan dijauhi oleh orang di lingkungannnya. Nah, agar kamu tidak merasakan hal itu, kamu harus menjauhi beberapa sifat ini yaa.

  1. Kalau Kamu Sudah Diberi Satu Wajah Yang Cantik, Kenapa Harus Bermuka Dua?

Iya si, siapa juga orang yang mau dekat-dekat dengan orang yang pada seseorang mengatakan suatu hal, dan pada orang lainnya mengatakan hal berbeda, bahkan jauh bertentangan. Sifat ini juga sering kali menimbulkan permasalahan atau kesalahpahaman diantara dua pihak, dan akhirnya menimbulkan masalah yang jauh lebih besar.

Kalau kamu tidak mau ditinggalkan oleh teman-temanmu, kamu harus benar—benar meninggalkan sifat menyebalkan seperti ini. Sebaliknya, kamu seharusnya bisa menjadi seseorang yang bisa menghubungkan mereka yang sedang hubungannya sedang tidak baik dengan cara yang baik juga.

Kalau kamu berhasil melakukan hal tersebut, sudah tidak diragukan laigi, bahwa sebentar  lagi kamu akan memiliki lebih banyak teman, dan lingkungan pergaulan kamu menjadi jauh lebih jelas juga.

  1. Kamu Bukan Sedang Berdebat Di Meja Politik, Jadi Tidak Perlu Selaiu Menginstrupsi Omongan Orang Lain

Sebagian orang akan merasa bahwa dirinya pintar jika bisa memotong atau mematahkan omongan orang lain, seperti yang sering kamu lihat di meja-meja perdebatan selama ini. Tapi, hal ini tidak akan menyenangkan sama sekali jika kamu sedang bersama dengan teman-temanmu.

Temanmu juga butuh mengatakan apa yang sedang ada di dalam pikirannya, dan kamu tidak berhak untuk langsung memotong atau mematahkannya, karena bisa saja apa yang  dikatakan temanmu itu lebih tepat daripada yang kamu pikirkan.

Karenanya, dengarkanlah terlebih dahulu apa yang ingin dikatakan oleh teman kamu. Jika ia sudah selesai, baru kamu bisa memberikan tanggapan, tanggapan apapun yang akan kamu berikan nanti akan bisa lebih dihargai dibandingkan ketika kamu langsung memotong pembicaraan orang lain ketika belum selesai bicara.

  1. Oh Liar Liar, Don’t Cry on My Shoulder

Masih ingat dengan penggalan dari lagu berjudul “Liar Liar” itu? Yap, penggalan lagu ini sudah bisa dengan jelas menggambarkan betapa tidak menyenangkannya seorang pembohong bagi orang yang ada di sekitarnya.

Sering berbohong tidak akan membuat hidup kamu menjadi menyenangkan, karena setelahnya kamu harus memikirkan kebohongan lainnya untuk menutupi kebohongan diawal tadi.

Kalau kamu bisa jujur, kenapa harus berbohong? Meskipun klise, kejujuran akan lebih dihargai meskipun  pada akhirnya akan membuat orang  lain terluka. Jadi, jangan sering berbohong lagi demi kebaikan diri kamu sendiri.

  1. Kepengen Dibilang Gaul dan Up to Date? Tapi Ngga Harus Jadi Biang Gosip Juga Kali

Bercerita dengan teman-teman sepergaulan memang menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Selain membahas hal-hal terbaru, bercerita juga bisa menjadi terapi yang baik untuk kamu karena bisa mengeluarkan apa saja yang ada di dalam benakmu, bahkan hal-hal tidak baik sekalipun.

Tapi, bagaimana jika yang dijadikan sebagai topik utama dari pembicaraan ini ialah mengenai orang lain, dan parahnya mengenai hal-hal buruknya dan sebagian diantaranya masih belum terbukti kebenarannya.

Yup, benar sekali, kegiatan ini disebut gosip, dan biasanya selalu ada seorang biang gosip diantara perkumpulan tersebut. menjadi biang gosip memang akan membuat kamu menjadi fokus utama pada pertemuan hari itu, tapi setelahnya kamu juga yang  akan dijadikan perbincangan utama di pertemuan selanjutnya. Dan semakin lama, orang-orang akan merasa ilfeel pada kamu.

  1. Terlalu Banyak Mengumbar Tentang Diri Sendiri, Padahal Mereka Bisa Menilai Kamu Tanpa Perlu Kamu Jelaskan

Mungkin, awalnya kamu Cuma ingin menceritakan apa yang sudah kamu raih, dan dan ingin orang lain termotivasi dengan hal itu. Tapi, kalau kamu terus menerus menceritakannya, kamu malah akan terlihat sombong.

Daripada kamu menceritakan kebaikan apa saja yang sudah kamu lakukan, atau prestasi apa saja yang sudah kamu punya, akan lebih baik jika kamu bisa mengajak teman atau saudara untuk bisa sama baiknya seperti kamu.

Dengan begini, tanpa kamu menceritakan apapun tentang diri kamu pun, orang lain sudah tahu dengan jelas siapa kamu, dan malah mereka sendiri yang akan memberi tahu  orang lain tentang kebaikan kamu.

Jadi, sudah tahu bukan sifat apa saja yang sebaiknya tidak kamu lakukan terhadap teman-teman kamu? Kalau kamu bisa meninggalkannya jauh-jauh, bisa dijamin bahwa hubungan sosial kamu dengan orang terdekat tidak akan  mendapatkan  kendala yang rumit deh.